Langsung ke konten utama

Cara mengobati mata minus secara herbal

Mata minus atau rabun jauh(miopia) merupakan kelainan pada mata yang tidak dapat melihat dengan jelas objek/benda yang letaknya jauh.
Penderita mata minus tidak hanya orang tua saja tetapi remaja bahkan anak-anak sekalipun bisa menderita mata minus.
Biasanya penderita mata minus akan menggunakan kaca mata atau lensa kontak dengan tujuan membantu supaya penglihatan mereka terlihat jelas ketika memandang objek/benda yang letaknya jauh.

Tetapi apakah anda tahu kalau penggunaan alat bantu seperti kaca mata dan lensa secara rutin akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya seperti ketergantungan dan timbul rasa pusing ketika memakai kaca mata maupun lensa terlalu lama.Sebenarnya mata minus bisa dikurangi dengan berbagai hal misal pijat mata minus dan konsumsi vitamin yang berguna untuk kesehatan mata.

Tetapi tidak banyak yang melakukan hal itu,kebanyakan dari mereka yang sudah menggunakan kaca mata maupun lensa hanya membiarkan mata minus mereka dengan bantuan alat-alat tersebut,sehingga yang terjadi adalah minusnya semakin bertambah dan di tandai dengan semakin tebalnya lensa kaca mata.
Umumnya penderita mata minus disebabkan karena gaya hidup mereka yang kurang baik seperti menatap layar ponsel yang terlalu lama,memaksa mata yang lelah untuk bekerja lebih ekstra dan lain-lain.

Baca juga: 10 gangguan atau kelainan pada mata

Biasanya mata minus bisa disembuhkan dengan jalan operasi.
Akan tetapi cara ini  cukup mengeluarkan biaya yang mahal,dan ada juga resikonya.
Banyak orang yang belum tahu bahwa sebenarnya mata minus itu bisa di cegah dengan cara mengubah pola hidup mereka dengan lebih baik dan sering konsumsi makanan atau vitamin untuk kesehatan mata.


Mata minus
Ilustrasi mata minus

Seperti berikut di sajikan beberapa obat herbal yang di percaya dapat menurunkan atau mengurangi mata minus bahkan ada yang sembuh total menggunakan bahan-bahan herbal sebagai berikut:

1.Wortel


Jus wortel

Siapa yang tidak tahu wortel? Wortel biasa kita temui di setiap dapur dan sering digunakan ibu sebagai campuran sayur.
Tumbuhan yang masuk dalam kategori sayuran dan berwarna orange ini banyak sekali mengandung vitamin A yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan mata.Sudah banyak penderita mata minus yang mengkonsumsi wortel secara rutin dan akhirnya minus mereka semakin berkurang.
Wortel adalah salah satu makanan kesukaan kelinci,dan bisa anda lihat bahwa kelinci yang sering konsumsi wortel secar mentah-mentah akan mempunyai mata yang bersinar indah bukan?
Coba anda bayangkan jika anda konsumsi atau makan wortel secara rutin.
Mungkin juga akan mendapatkan mata yang indah dan sehat.Wortel dipercaya dapat mencegah mata minus jika di konsumsi secara rutin,namun jika di konsumsi oleh orang yang terlanjur menderita mata minus maka minusnya akan semakin berkurang dan bisa sembuh.
Karena testimoni setiap orang berbeda-beda tergantung perlakuanya atau cara pengobatanya.

Banyak cara konsumsi wortel untuk mengurangi mata minus seperti berikut ini:

  • Cara pertama lebih baik wortel di makan secar mentah-mentah,mengingat nutrisi atau vitaminya masih banyak.Bisa dengan cara di iris kecil-kecil,letakkan di atas piring dan digunakan sebagai camilan.
  • Kedua masih dengan cara mentah yaitu dengan cara di blender,jadikan jus dicampur dengan madu atau gula supaya lebih manis jika anda menginginkanya.
  • Yang ketiga bisa dimakan sebagai lutisan atau dengan cara dipotong kecil-kecil dan dimakan bersama gula jawa yang sudah ditumbuk dan diberi sedikit garam dan cabai merah.
  • Jika dengan cara mentah anda kurang suka.Bisa menggunakan cara lain yaitu di masak,jadikan sebagai campuran sayur sop,bening atau yang lain dan ingat yang terpenting jangan memasak wortel terlalu matang karena akan mengurangi atau menghilangkan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Testimoni tiap orang berbeda-beda,jadi jika sudah konsumsi tapi minus belum juga berkurang mungkin anda harus lebih tetatur lagi konsumsinya dan melihat jumlah asupan setiap harinya.

2.Daun sirih


Daun sirih

Tanaman yang tumbuh dengan cara menjalar dan dapat tumbuh di mana saja ini juga dipercaya dapat mengurangi atau menyembuhkan mata minus.Mengingat kandungan di dalamnya yang begitu banyak seperti kandungan minyak esensial yaitu sineol,karvakol,eugenol,kavikol,dan kandien.Ada juga minyak astri yang mengandung pati,gula,zat samak,seskuiterpen,diates dan valikol yang berguna untuk membunuh jamur,bakteri dan sebagai antioksidan.

Cara pengobatan bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Ambil kurang lebih dua lembar daun sirih.
  • Cuci hingga bersih daunnya.
  • Rendam sebentar berapa menit.
  • Dan tempelkan di kedua mata.Lakukan cara ini sebelum tidur guna hasil yang terbaik.

Untuk hasil terbaik lakukan pengobatan dengan daun sirih secara rutin menjelang waktu tidur dan ambil setelah bangun tidur.

3.Lidah buaya


Lidah buaya

Tanaman ini tergolong dalam family xanthorrhoeaceace dengan memiliki ciri-ciri daun panjang,di sisi pinggir terdapat duri-duri kecil dan berwarna hijau.
Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan,salah satunya untuk kesehatan mata.
Mengingat kandungan di dalamnya yang begitu bermanfaat seperti protein,lemak,karbohidrat,kalsium,fosfor,zat besi,vitamin A,B1 dan C menjadikan lidah buaya sangat berguna untuk kesehatan mata.
Akan tetapi tidak semua orang cocok menggunakan bahan yang satu ini,ada juga yang tidak cocok saat dicoba entah dari perbadaan cara konsumsinya atau takaran saat konsumsi atau yang lainya.
Untuk konsumsi lidah buaya sendiri bisa dengan cara dijadikan jus.

Berikut cara mengolah lidah buaya:

  • Ambil beberapa helai daun lidah buaya dan bersihkan.
  • Pisahkan kulit dengan jelly yang mengandung lendir,ambil jellynya dengan cara potong agak tebal dan bentuk memanjang atau kotak lalu bersihkan menggunakan air bersih supaya tidak gatal saat di konsumsi.
  • Blender jelly lidah buaya tadi hingga halus.
  • Campurkan sedikit gula,madu atau jeruk nipis sebagai tambahan rasa.
Sekarang lidah buaya bisa dikonsumsi sebagai jus,dan konsumsilah secara rutin agar hasil .

4.Buah bit

Jus buah bit juga dipercaya dapat mengurangi mata minus.
Untuk cara konsumsinya bisa dengan cara di buat jus dengan sedikit di tambah gula,madu atau juga belimbing.
Konsumsi buah bit secara rutin agar hasilnya terlihat lebih maksimal minimal seminggu tiga kali.

5.Daun kelor


Daun kelor

Daun kelor memiliki segudang manfaat untuk kesehatan seperti merunkan mata minus.
Tumbuhan kelor memiliki ciri-ciri batang yang panjang tumbuh menjulang dengan daun yang berbentuk bulat-bulat kecil.
Banyak yang belum tahu manfaat yang terkandung dalam daun kelor sebagai penurun atau obat mata minus.

Berikut kandungan dan manfaat daun kelor untuk mata: 

~Antioksidan
Selain jeruk atau jambu biji  yang banyak mengandung banyak vitamin C.
Ternyata daun kelor tidak kalah dengan dua buah itu,daun kelor juga memiliki banyak vitamin C di dalamnya bahkan lebih banyak dari jeruk.
Vitamin C merupakan antioksidan yang berguna melawan radikal bebas,sehingga sangat baik untuk mata minus.

~Meningkatkan visabilitas
Selain vitamin C terdapat juga vitamin A yang sangat berguna sekali untuk kesehtan mata.
Vutamin A di ubah menjadi retinol yang dapat masuk ke sel batang retina mata,sehingga dapat membantu anda meningkatkan visabilitas penglihatan.

~Mengurangi rasa pusing
Penderita mata minus pasti sering mengeluh rasa pusing,dan ini dapat di kurangi dengan konsumsi daun kelor.
Mengingat kandungan yang terdapat di daun kelor sangat banyak termasuk vitamin dan antioksidan yang dapat mengurangi rasa pusing pada penderiata mata minus.

Untuk cara konsumsi atau pengobatan mata minus dengan daun kelor bisa dengan cara  cuci daun kelor hingga bersih dan rendam beberapa menit dengan air bersih,lalu kedip-kedipkan mata pada air tersebut dengan tujuan air akan meresap di mata dan dapat menghilangkan kotoran atau lainya yang menempel di mata.
Atau bisa juga di makan dengan cara di jadikan sayur bening atau yang lainya dan memasaknya setengah matang atau masih berwarna hijau segar.

6.Daun bintang

Daun bintang memiliki nama yang banyak dan berbeda-beda tergantung dari setiap daerahnya.Ada yang menyebutnya ki tolod,daun tolod atau daun dewa di daerah sunda.
Atau kalau di jawa biasa disebut dengan nama sangkobak.Di daerah lain  ada yang menyebutnya kendali,korejat atau bunga bintang.
Tumbuhan ini berasal dari hindia barat dan memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau tua,bergerigi pada bagian ujung biasanya memiliki ukuran panjang5-17cm dengan lebar daun 2-3cm.Dan memiliki bunga berwarna putih.
Pada daun tumbuhan ini bergerigi agak lancip dan runcing menyerupai bintang,sehingga ada yang menyebutnya daun bintang.

Tanaman ini biasa tumbuh di semak-semak,di tepi jalan,di pinggir selokan.Banyak yang mempercayai tumbuhan ini bisa mengobati berbagai macam penyakit mata seperti silinder,katarak,rabun jauh,rabun dekat,nyeri dan perih di mata.
Mereka mempercayai bunga kitolod dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mata karena kandungan di dalamnya seperti politerol,alkaloid,flavonoid dan samponi.
Untuk cara penggunaanya cukup mudah yaitu:

  • Ambil beberapa biji atau cukup satu saja bunga bintang
  • Lalu rendam bagian pangkalnya beberapa menit dengan maksud agar air bersih tadi menyatu masuk bersama air bunga bintang tadi.
  • Terakhir teteskan air yang meresap di bagian pangkal bunga bintang tadi ke mata.Cukup teteskan air tadi 1-2 tetes di setiap mata kiri dan kanan.


Jangan kaget jika pertama kali meneteskan air ke mata terasa perih,memang itu efek yang ditimbulkan,dan jangan lakukan pengobatan ini secara rutin,jika di rasa agak mendingan cukup sudahi.Mengingat terdapat racun di dalam bunga ini
Namun perlu anda ketahui ternyata pengobatan menggunakan daun bintang ini juga menimbulkan persepsi lain.
Pasalnya ada juga yang tidak mempercayai dengan pengobatan ini walaupun sudah ada testimoni yang berhasil.
Mereka yang tidak percaya dengan pengobatan ini dengan alasan jika bunga ini di teteskan ke mata maka mata bisa jadi bernanah dan malah menjadikan mata rusak dan memperparah keadaan mata.

7.Menggunakan lilin

Metode ini berbeda dari yang sebelumnya.
Jika metode sebelumnya dengan cara di konsumsi,hal ini berbeda dengan lilin.
Cara metode menggunakan lilin yaitu:

  • Nyalakan lilin di rungan yang gelap.
  • Arahkan kedua mata ke satu lilin tersebut,
  • Tatap lilin sampai mata mengeluarkan air mata yang begitu banyak seperti menangis,dan terasa agak perih.Hal ini di maksudkan agar kotoran-kotaran yang terdapat pada mata bisa keluar.

Mungkin itu saja pengobatan herbal untuk pengobatan mata minus,yang di rangkum dalam seputar-kesehatan.Semoga bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca