Langsung ke konten utama

10 gangguan atau penyakit pada mata yang perlu anda ketahui!

Mata merupakan alat vital yang sangat penting bagi manusia dan digunakan untuk melihat.

Mata minus

Tapi apakah kalian tau jika kalian kurang memahami kesehatan mata maka akan ada beberapa gangguan pada mata bahkan sampai penyakit mata dan terjadi kebutaan.

Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa gangguan pada mata dan penjelasanya,hal ini ditujukan agar kalian lebih mengenal beberapa gangguan yang terjadi pada mata dan bisa lebih waspada akan bahayanya.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai gangguan dan penyakit pada mata yang umum terjadi:

1.Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang merusak saraf optik mata,yang mengirimkan informasi visual ke otak anda.Lebih dari 3 juta orang di Amerika memiliki glaukoma,namun hanya sebagian dari mereka yang menyadarinya.

Glaukoma memang tidak memiliki gejala pada mulanya.Namun,di dalam mata anda mengalami tekanan yang meningkat dan titik-titik kebutaan berkembang di sisi pandangan anda. Titik ini bisa tidak terdeteksi sampai saraf optik memiliki kerusakan yang serius atau pemeriksaan mata lengkap oleh dokter.

2.Mata bintitan 

Mata bintitan adalah salah satu penyakit  yang menyerang bagian mata,namun penyakit ini bukan penyakit serius, dan akan sembuh dengan sendirinya jika nanahnya sudah keluar.
Berikut gejalanya

  • Muncul bintitan seperti bisul di kelopak mata bagian atas maupun bawah.
  • Perih di mata.
  • Timbulnya rasa nyeri.
  • Warna mata cenderung merah atau kebiruan.

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak,yang disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Mata kelilipan atau terkena debu dan kita menguceknya menggunakan tangan.
  • Adanya infeksi kuman stafilokokus.
  • Peradangan atau infeksi dari muara kelenjar pada lapisan kelopak mata.

3.Mata juling(strabismus).



Mata juling bisa diderita oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan dan yang masih anak-anak maupun dewasa.
Penderita mata juling (strabismus) tidak bisa melihat sesuatu dengan baik dan bisa kita kenali dari bola matanya yang terlihat ke arah kanan atau kiri sehingga menyebabkan pandangan mata yang sebenarnya lurus menjadi tidak lurus dan sebaliknya.

Berikut gejala penderita strabismus:

Penderita strabismus bisa kita kenali dengan kebiasaanya yaitu sering memiringkan salah satu bagian mata atau menutup satu mata agar pandangannya terhadap sesuatu terlihat lebih jelas.
Penyab penyakit ini antara lain:

  • keseimbangan mata saat melihat pada sebuah objek menjadi tidak jelas, yang disebabkan karena otak tidak bisa mengatur keseimbangan.
  • Kelainan mata yang menyebabkan rabun jauh atau rabun dekat.
  • Saraf yang  bekerja untuk mengatur otot mata tidak bisa berfungsi dengan benar.

4.Ablasi Retina

Penyakit ini terjadi ketika retina,jaringan sensitif mata yang mengirimkan pesan bergambar ke otak anda keluar dari posisinya.
Penyakit ini jarang terjadi dan beberapa studi mengatakan hanya 1 persen dari populasi yang mengembangkan penyakit ini.
Gejala penyakit ini ditandai dengan mereka melihat bayangan gelap buram mulai melebar.

5.Mata Belekan

Penyakit ini biasanya juga menyerang anak-anak yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan menyebabkan mata mengeluarkan kotoran yang cukup banyak dan sulit berhenti,kotoran itu berwarna putih, dan mata cenderung berwarna kemerahan.

Untuk mengatasi belekan terutama pada anak bisa menggunakan obat tetes mata yang biasa di jual di apotik, dan hindari kontak langsung dengan lingkungan yang berdebu.
Dan selalu hindari makanan yang dapat menyebabkan panas dalam seperti gorengan dan coklat.
Jika belekan tidak kunjung sembuh segera kunjungi dokter tetdekat.

6.Buta Warna

Hal ini ditandai dengan ciri-ciri penderitanya tidak dapat membedakan warna yang dilihatnya, biasanya warna yang dilihat seperti hitam,abu-abu dan putih.
Penyakit ini biasana terjadi karena keturunan.

7.Katarak

Penyakit ini muncul ketika lensa alami mata menjadi kabur.Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang usianya sudah tua.Karena banyak yang berasumsi  mata minus juga bisa menyebabkan katarak.
Perokok aktif dan sering terkena paparan matahari  yang signifikan atau menderita trauma lebih rentan terkena katarak,oleh karena itu hindari hal tersebut.
Penderita katarak sering mengalami pandangan yang kabur,silau atau ada lingkaran cahaya,penglihatan ganda dalam satu mata.
Katarak hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi Lasik yaitu dengan jalan memotong flap untuk mencapai bagian dalam kornea dan menghilangkan sejumlah kecil jaringan dari kornea untuk memperbaiki kesalahan fokus,yaitu dengan menggunakan laser.

8.Penyakit lensa mata

Beragam jenis gangguan yang menyerang penglihatan ini,diantaranya:

  • Miopi/rabun jauh(tidak dapat melihat dengan jelas objek yang jauh).
  • Hiperopi/rabun dekat(tidak dapat melihat jelas objek dengan jarak dekat).
  • Presbiopi(kelainan fisik pada lensa mata yang menyebabkan kesulitan untuk melihat objek dengan jarak dekat).
  • Astigmatisma(penglihatan terlihat kabur).
  • Amblyopia(pusat penglihatan pada salah satu mata tidak berkembang dengan baik).
  • Silindris(obje yang dilihat terlihat melengkung).
  • Strabismus(mata juling).

9.Degenerasi makula

Penyebab paling umum kebutaan orang amerika saat ini.Penyakit ini menyerang bagian makula,daerah kecil pada retina mata yang membantu melihat secara jelas dan detail,mengalami kerusakan.
Jangan abaikan penyakit ini,jika terjadi penglihatan yang tidak normal segera hubungi dokter.

10.Konjungtivitis atau pink eye

Penyakit ini umum terjadi.
Ini terjadi ketika jaringan yang jelas di atas bagian putih mata anda mengalami radang.
Hal ini membuat mata anda berwarna merah muda dan juga gatal atau berair.Kelopak mata juga mungkin akan menutup sedikit sehingga bisa membuat pandangan menjadi kabur.
Ingat penyakit ini termasuk jenis penyakit menular,rutinlah mencuci tangan anda dan tidak berbagi handuk atau bantal dengan orang lain agar penyakit kunjung sembuh dan tidak menular.

Mungkin itu beberapa gangguan pada mata yang dirangkum secara ringkas dalam artikel ini,jika terjadi gangguan mata alangkah baiknya segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih baik,mengingat pentingnya mata untuk kita.
Semoga bermanfaat.











Postingan populer dari blog ini

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca