Langsung ke konten utama

Gejala kutu di rambut,penyebab dan cara mengatasi

Apa itu kutu rambut?


Kutu rambut kepala


Kutu rambut adalah parasit yang hidup di kulit kepala dan mengakibatkan kulit kepala terasa gatal. Istilah medis untuk penyakit yang di sebabkan oleh kutu rambut ini adalah pediculosis capititis. Parasit yang satu ini menghisap darah dari kulit kepala dan dapat bertahan hidup selama beberapa minggu di kulit kepala. Kutu betina bahkan bisa bertelur lebih dari 100 telur dan akan memproduksi cairan lengket yang dapat membuat telur menempel pada batang rambut.

Saat kulit kepala seseorang terinfeksi kutu, biasanya akan di mulai dengan telur yang bersarang di rambut dan hanya di butuhkan waktu sekitar 9 hari hingga akhirnya kutu menetaskan diri. 
Umumnya kutu dewasa dapat bertahan hidup selama 3 atau 4 minggu.
Tumbuh kutu di rambut adalah hal umum terjadi, umumnya kutu lebih sering di temukan pada anak-anak. Hal ini karena anak-anak lebih sering kontak langsung dengan orang lain. Meskipun demikian, kondisi ini juga sebenarnya dapat terjadi pada usia berapa saja.

Bagaimana kita tahu jika ada kutu di rambut kita?


Rambut terasa gatal adanya kutu


1. Gejala yang ditimbulkan akibat adanya kutu di rambut adalah rasa gatal di kulit kepala yang dapat menyebar hingga ke telinga dan leher. 
Rasa gatal tersebut akibat reaksi kulit seseorang terhadap tinja atau air liur kutu. Kutu lebih aktif dalam kondisi gelap, oleh karena itu rasa gatal akan sangat terasa pada waktu malam hari.
Akibatnya penderita menjadi sulit tidur.

2. Selain rasa gatal, penderita juga merasakan seperti ada sesuatu yang berjalan di batang rambut atau merayap di kulit kepala. Hal ini bisa di rasakan karena kutu dewasa yang berdiam di rambut kepala ini tampak seukuran biji wijen dan jika berjalan di batang rambut atau kulit kepala pasti akan sangat terasa.

3. Terlihat adanya telur kutu di batang rambut. Ketika kutu bersarang pada rambut, akan ada telur-telur di batang rambut. Namun ukurannya sangat kecil dan terkadang memiliki warna yang menyerupai rambut. Biasanya telur-telur ini di temukan di sekitar telinga dan di dekat leher.

4. Adanya benjolan merah kecil 
Jika kutu telah lama bersarang pada kulit kepala dan sering di garuk, maka akan menimbulkan adanya benjolan kecil berwarna merah. Jika hal ini di biarkan maka akan tetjadi iritasi pada kulit kepala.

Penyebab kutu di rambut

Dilansir dari Medical News Today, penyeba Kutu rambut sering muncul di kulit kepala karena menular melalui kontak langsung dengan kepala penderita kutu rambut.
Kutu rambut dapat berpindah dari satu orang ke orang lain dengan cara merayap. Karena jenis kutu ini bisa dengan cepat merayap dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.


Penggunaan sisir bergantian dapat tertular kutu

Selain penularan langsung, kutu rambut juga bisa muncul melalui perantara seperti saat anda dan penderita bertukar sesuatu seperti menggunakan sisir bergantian, bertukar handphone, bertukar topi, bantal dan lain-lain.
Penularan juga bisa terjadi jika seseorang menyimpan benda-benda di tempat yang sama dengan pemilik kutu rambut. Misalnya meletakkan baju di lemari yang sama dan lain sebagainya.

Efek yang di timbulkan jika seseorang mempunyai kutu di rambut
  • Mengurangi rasa percaya diri. Hal ini karena jika terdapat kutu rambut, pasti penderita akan sering menggaruk-garuk kepala sehingga mengurangi rasa percaya diri penderita kutu rambut tersebut
  • Mengurangi kualitas tidur. Jika seseorang terdapat kutu di rambutnya, pasti orang tersebut tidak akan nyaman saat tidur. Hal ini karena kutu akan lebih aktif saat malam hari atau pada situasi yang gelap.
  • Menimbulkan iritasi di kepala. Gatal adanya kutu rambut pasti akan membuat penderita menggaruk kepalanya baik menggunakan jari tangan atau benda lain. Jika kulit kepala terlalu sering digaruk, terutama menggunakan tangan yang memiliki kuku panjang, maka kulit kepala menjadi lecet dan kuman akan lebih mudah masuk sehingga terjadi iritasi di kulit kepala.
  • Akan menular kepada orang lain yang berada dekat dengan penderita. Hal ini karena kutu dapat berpindah- pindah tempat dengan cara merayap.
  • Jika kutu rambut di biarkan terus pada kulit kepala maka kutu rambut pasti akan berkembang biak dan bertelur sehingga bisa sangat sulit untuk di hilangkan dan dapat menggangu aktifitas. 
Cara menghilangkan kutu di rambut

1. Cara yang pertama untuk menghilangkan kutu rambut adalah menggunakan sisir serit. 


Sisir serit untuk menghilangkan kutu

Sisir ini sengaja di buat untuk menghilangkan kutu rambut dan ketombe. Sisir ini memiliki gigi yang rapat sehingga di pastikan saat menyisir menggunakan sisir ini semua kutu akan ikut terbawa sisir. Sehingga masalah kutu di rambut akan hilang. Sisir serit yang biasa di jual di pasaran memiliki bentuk persegi panjang dengan gigi yang rapat. 

Cara menggunakan sisir serit yaitu :
  • Pertama gunakan sisir biasa yang mempunya gigi renggang, lakukan seperti biasa menyisir rambut pada umumnya. Ini di tujukan untuk meluruskan rambut agar lebih mudah pada saat menggunakan sisir serit nantinya.
  • Ambil kertas putih atau bahan lain yang berwarna putih bersih. Ini di tujukan untuk memastikan bahwa kutu rambut ikut terbawa sisir saat di gunakan.
  • Tundukkan kepala di atas kertas tersebut, kemudian sisir rambut menggunakan sisir serit secara perlahan. Pasti akan terlihat kutu rambut yang terbawa oleh sisir di atas kertas tersebut.
  • Setiap menyisir dan mendapatkan kutu, lebih baik langsung mematikan kutu tersebut agar tidak menular kepada orang lain.
  • Pastikan menyisir menggunakan sisir serit ini secara merata pada semua rambut tersisir semua.
  • Setelah dirasa sudah bersih, pastikan juga bahwa tidak ada kutu yang masih hidup menempel pada serit atau baju, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan.
  • Terakhir keramaslah menggunakan shampo anti ketombe, jangan lupa gunakan kondisioner.
Lakukan cara ini secara rutin hingga kulit kepala benar-benar bersih dari kutu dan kepala tidak terasa gatal lagi.

2. Menggunakan kapur khusus kutu rambut
Kapur ini di fungsikan khusus untuk menghilangkan kutu dirambut. Sudah banyak yang menjual kapur khusus kutu rambut ini di apotek atau toko obat terdekat. Untuk cara penggunaanya, bisa di lihat pada balik kemasan .
Namun cara ini diketahui cukup lumyan lama untuk menghilangkan kutu, jadi pastikan gunakan secara rutin agar kutu benar-benar bersih.

3. Menggunakan shampo khusus kutu rambut kepala


Bersihkan kutu di rambut kepala dengan keramas

Shampo ini mengandung permethrin yang di formulasikan khusus untuk menghilangkan kutu rambut.
Untuk cara penggunaan shampo ini bisa di lihat pada bagian kemasan.

4. Menggunakan minyak esensial


Hilangkan kutu dengan minyak esensial

Beberapa minyak esensial di yakini dapat membantu membunuh kutu rambut di kulit kepala. 
Minyak esensial yang sering digunakan seperti minyak eucalyptus, minyak cengkeh, minyak kenaga, minyak labender, minyak adas manis (anise oil) dan tea tree oil.

Cara pemakaiannya yaitu dengan keramas terlebih dahulu ,lalu oleskan minyak esensial pada sisir kemudian sisirlah rambut seperti biasa menyisir rambut.

Jika kutu tidak hilang dengan cara-cara di atas langsung konsultasikan masalah ini pada dokter kulit untuk penanganan lebih tepat.

Cara untuk mencegah supaya tidak ada kutu di rambut antara lain:
  • Hindari kontak langsung dengan penderita kutu di rambut.
  • Jangan biasakan tukar menukar benda seperti sisir, topi, handphone pada orang lain. Terutama pada orang yang mempunyai kutu di rambutnya.
  • Senantiasa menjaga kesehatan kulit kepala dengan cara menggunakan shampoo saat keramas.


Postingan populer dari blog ini

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca