Langsung ke konten utama

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut.


Wedang jahe

Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang.
Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit.

Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan.

Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain :

1. Mencegah resiko penyakit jantung
Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung. 
Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioksidan, mineral, dan asam amino di dalam wedang jahe tersebut.

Selain itu, wedang jahe ternyata juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, mencegah serangan jantung, meredakan nyeri ulu hati, dan menurunkan tekanan darah.

2. Meredakan nyeri sendi dan otot
Selain bisa meredakan nyeri sendi saat haid, wedang jahe rupanya juga dipercaya mampu meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot.
Selain itu jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati asam urat.
Manfaat ini semua sifat antiradang yang dimilikinya.

3. Meredakan nyeri saat haid
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa wedang jahe bisa meredakan nyeri saat haid.
Menakjubkannya lagi bahwa dalam penelitian tersebut mengatakan efektifitas wedang jahe dalam mengatasi nyeri haid tidak kalah dari obat anti nyeri lainya.

4. Menurunkan berat badan
Rutin mengonsumsi minuman jahe dipercaya dapat menurunkan berat badan secara efektif dan alami.
Meski hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, namun minum teh jahe hangat memang dapat membuat perut senantiasa merasa kenyang.

5. Mengurangi reaksi alergi
Karena memiliki efek antiradang, maka jahe dapat digunakan untuk meredakan reaksi peradangan akibat alergi.
Hal ini telah diungkapkan oleh seorang peneliti yang mengungkapkan bahwa minuman jahe dapat meredakan reaksi alergi.

6. Meredakan rasa mual
Rasa mual bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor seperti masuk angin, mabuk kendaraan, kemoterapi atau yang lainnya.
Dalam hal ini minuman jahe menjadi pilihan tepat untuk meredakan rasa mual tersebut.
Diminum dalam keadaan masih hangat akan lebih terasa nikmat, dan rasa mual akan segera berkurang.

Postingan populer dari blog ini

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca