Langsung ke konten utama

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki


Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka. 
Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami. 
Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya.

Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki. 
Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah.

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki antara lain :

1. Menggunakan tawas

Tawas atau nama lainnya aluminium sulfat memang dikenal dari dulu untuk mengatasi masalah pada air selain kaporit. 
Selain dapat digunakan untuk menjernihkan air, ternyata benda yang memiliki ciri-ciri tekstur keras seperti batu berwarna putih ini juga dapat membunuh bakteri atau virus penyebab jatal terutama pada telapak kaki.
Cara alami atasi gatal pada telapak kaki menggunakan tawas ini sudah diyakini dari dulu mampu mengatasi gatal secara cepat tanpa menimbulkan efek samping.

Cara menggunakannya yaitu :
  • Taruh air panas seperlunya ke dalam panci agak besar. Panci ini nanti digunakan untuk merendam kaki yang gatal.
  • Ambil tawas sedikit saja kurang lebih sebesar jempol tangan.
  • Masukkan tawas ke dalam panci tadi yang berisi air panas. Tunggu beberapa menit agar tawas agak pudar dan air tidak terlalu panas.
  • Jika dirasa cukup, masukkan kedua kaki atau bagian kaki yang gatal dan rendam selama beberapa menit. Rasakan perbedaanya. Perlahan gatal yang ada pada kaki akan hilang dan kaki terasa bersih dari kuman
Jangan lakukan cara ini rutin tiap hari, cukup jika terasa ada yang gatal saja terutama pada telapak kaki.

2. Menggunakan bedak salicyl

Cara yang ke dua untuk mengatasi gatal di telapak kaki adalah menggunakan bedak salicyl.
Bedak ini adalah bedak tabur khusus untuk mengatasi kulit gatal.
Anda bisa membelinya di supermarket atau warung terdekat. 
Untuk mengetahui tentang bedak ini, seperti komposisi dan cara penggunaannya, anda dapat membacanya di bagian label yang biasanya ditempel di samping kemasan.

3. Menggunakan garam dapur


Cara alami atasi gatal pada telapak kaki menggunakan garam dapur


Garam dapur dapat anda jadikan alternatif yang ke tiga untuk mengatasi gatal di telapak kaki.
Kenapa garam dapur? Sifat asin dari garam dapur juga diyakini dapat membuat kulit menjadi keset dan bersih.
Untuk penggunaannya hampir sama seperti pada penggunaan tawas tadi , dengan cara merendam kaki menggunakan panci yang telah diisi air panas dan garam.
Selama merendam kaki ,disarankan untuk menggosok telapak kaki menggunakan tangan, hal ini bertujuan untuk mengilangkan bakteri penyebab gatal dan kaki kembali bersih sehingga tidak terasa gatal lagi.

4. Menggunakan Belerang

Belerang atau yang mempunyai nama ilmiah sulfur juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai masalah pada kulit luar seperti salah satunya menghilangkan gatal.
Gatal pada kulit luar seperti telapak kaki bisa dihilangkan menggunakan belerang.
Cara mengatasi gatal pada telapak kaki menggunakan cara yang ke empat ini jarang dilakukan oleh sebagian orang.
Hal ini karena sifat belerang yang sulit pudar jika terkena air sekalipun karena sifat belerang yang sangat padat dan baunya yang menyengat sehingga kurang di sukai oleh kebanyakan orang untuk menghilangkan gatal.

Akan tetapi tak ada salahnya jika anda mencobanya ,dengan cara yang cukup mudah yaitu hancurkan belerang terlebih dahulu sehingga berbentuk menyerupai bubuk dan kemudian campurkan dengan air hangat kemudian celupkan kaki yang gatal ke dalamnya.
Atau jika anda menjumpai pemandian air hangat yang diyakini airnya mengandung sedikit belerang anda dapat juga merendam bagian kaki atau tangan untuk menghilangkan masalah kulit terutama gatal.

Demikian cara alami untuk mengatasi gatal ditelapak kaki yang bisa anda coba di rumah semoga bermanfaat.

Sumber

Postingan populer dari blog ini

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks