Langsung ke konten utama

Manfaat konsumsi yogurt untuk ibu hamil dan janin

Yogurt bubur,cocok untuk sarapan

Yogurt adalah susu yang dibuat dari fermentasi bakteri. Bakteri dalam yogurt di tambahkan secara langsung ke dalam susu,jenis bakteri yang di pakai dalam yogurt seperti bakteri Lactobacillus acidophillus,Lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. 

Jenis susu yang di gunakan untuk membuat yogurt bisa bermacam-macam,seperti susu sapi,susu kambing,susu kedelai. Biasanya susu sapi yang sering di pakai untuk membuat yogurt yang biasa dijual di pasaran. Yogurt di kemas dalam beberapa tingkatan seperti yogurt rendah lemak,yogurt dengan tambahan pemanis dan yogurt dengan lemak.

Susu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, begitu halnya dengan yogurt. Yogurt juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Terutama untuk ibu hamil.
Banyak ibu hamil yang bertanya,apakah saat hamil boleh minum yogurt? Pasalnya banyak dari mereka yang tidak yakin dengan kandungan yang terdapat pada yogurt dan di khawatirkan mengandung bahan-bahan yang nantinya bisa mengganggu kesehatan janin.

Padahal yogurt sangat di anjurkan untuk di konsumsi saat hamil dan akan membuat janin yang di kandung semakin sehat.

Seperti berikut ini manfaat konsumsi yogurt untuk ibu hamil.

1. Sebagai sumber kalsium 

Yogurt adalah sumber kalsium terbaik. Dalam setiap satu cangkir yogurt tanpa lemak ditemukan sekitar 256 mg kalsium. Kalsium menjadi salah satu mineral yang sangat di butuhkan oleh ibu hamil dan janin. Kekurangan kalsium bisa memicu cacat syaraf dan masalah pada kesehatan tulang dan gigi. Manfaat kalsium bagi ibu hamil dan janin dari yogurt salah satunya sebagai mineral penting untuk pertumbuhan tulang pada janin.

2. Mencukupi kebutuhan vitamin D

Selain kalsium,yogurt juga mengandung banyak vitamin D yang sangat di butuhkan oleh ibu hamil untuk menyerap kalsium yang penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada bayi.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah penyakit tulang dan jaringan yang sangat serius pada bayi. Dalam setiap 1 cangkir yogurt di temukan sekitar 5 IU vitamin D. Konsumsi yogurt setiap hari bisa membuat kesehatan ibu hamil dan janin menjadi lebih baik.

3. Mengandung banyak omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh,namun tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya sendiri. Omega-3 mendukung pertumbuhan dan pembentukan jaringan pada janin terutama untuk bagian otak,sistem syaraf,mata dan melindungi janin dari resiko penyakit jantung.

4. Menjaga keseimbangan elektrolit

Yogurt menjadi salah satu sumber kalium yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Setiap 1 cangkir yogurt mengandung sekitar 398 mg kalium. Kandungan ini setara dengan jumlah kalium dalam pisang berukuran sedang. Kalium sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena berperan menjaga keseimbangan elektrolit. Selain itu kalium juga penting untuk menjaga denyut jantung dan kesehatan jantung.

5. Sumber probiotik

Yogurt mengandung probiotik alami yang bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Selain itu banyak ibu hamil yang mengalami sembelit,yogurt bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil. Yogurt sangat di anjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk melancarkan pencernaan karena kandungan probiotik di dalamnya.

6. Meningkatkan asupan protein 

Protein di butuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga dan yogurt mengandung protein yang cukup tinggi. Sepanjang kehamilan banyak ibu hamil yang mengeluh lemah dan tidak bertenaga. Hal ini karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk bayi dan tubuhnya sendiri. Asupan protein yang terdapat dalam yogurt akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

7. Mengurangi resiko infeksi paru pada janin

Dalam sebuah penelitian pada jurnal khusus dalam bidang nutrisi di inggris,membuktikan bahwa konsumsi yogurt secara aktif bagi ibu hamil mengurangi resiko infeksi pneumonia pada janin. Manfaat yogurt untuk ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu,sehingga janin juga bisa memiliki kepekaan untuk melawan infeksi. Yogurt meningkatkan sistem imunitas pada ibu hamil dan janin.

8. Menjaga kesehatan usus ibu hamil

Jika banyak ibu hamil yang mengeluh tentang masalah kesehatan usus sepanjang kehamilan. Mengonsumsi yogurt secara aktif dapat meningkatkan kesehatan usus sehingga menunjang penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman. Manfaat yogurt untuk ibu hamil akan mencegah dari berbagai masalah seperti sembelit dan gangguan usus. Yogurt mengandung zat asam dari bakteri baik yang bisa mencapai usus dalam waktu yang cepat.

9. Mencegah terjadinya cacat tabung syaraf pada bayi

Cacat tabung syaraf yang terjadi pada bayi di sebabkan karena gizi ibu hamil khususnya asupan folat yang kurang saat masuk ke trisemester pertama. Yogurt bisa menjadi salah satu asupan folat yang sangat menyegarkan. Dalam setiap cangkir yogurt ditemukan sekitar 18 mcg folat. Menghindari kekurangan folat bisa meningkatkan masalah kesehatan syaraf dan motorik yang cukup serius pada bayi.

10. Menjaga kesehatan ibu hamil

Saat hamil tentunya kesehatan ibu dan janin yang di kandungnya harus di jaga dengan baik. Akan tetapi selam kehamilan mulai dari trisemester pertama hingga ketiga maka ibu hamil biasanya menghadapi berbagai kondisi kesehatan yang berbeda. Masalah kesehatan badan menjadi hambatan yang cukup serius ketika ibu hamil tidak bisa melakukan aktivitas seperti hari biasa. Yogurt mengandung nutrisi dan sumber mineral yang bisa dikonsumsi agar ibu dan bayi senantiasa sehat.

Begitu banyak manfaat yogurt untuk ibu hamil. Dan apakah ibu hamil masih ragu untuk mengkonsumsi yogurt? Yogurt adalah sumber kalsium yang baik bagi ibu hamil. Kalsium pada ibu hamil berguna untuk perkembangan tulang bayi. Jika ibu hamil tidak cukup mengonsumsi kalsium,maka cadangan kalsium ibu akan digunakan bayi.

Itu yang sangat penting dianjurkan untuk ibu hamil. Selain itu yogurt menjadi sumber vitamin,mineral dan zat gizi yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Untuk tetap sehat selama hamil,pastikan anda mengkonsumsi yogurt rendah lemak.

Lalu merek yogurt apa sih yang baik untuk ibu hamil? 

Pada dasarnya merek yogurt apapun boleh dikonsumsi oleh ibu hamil,asalkan susu yang digunakan untuk membuat yogurt adalah susu yang sudah dipasteurisasi sehingga tidak mengandung kuman yang berbahaya.

Biasanya yogurt buatan pabrik sudah menggunakan susu yang dipasteurisasi.
Dan berhati-hatilah dengan yogurt homemade,pastikan susu yang digunakan adalah susu yang sudah dipasteurisasi. Bila susu mengandung kuman berbahaya,dikhawatirkan ibu hamil akan mengalami diare dan dehidrasi. 
Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi rahim. 

Anda bisa mengkonsumsi yogurt dengan buah-buahan sehingga menambah nikmat rasa yogurt tersebut,atau anda bisa juga memakan langsung tanpa campuran lainnya.
Nah setelah mengetahui manfaat yogurt,ibu hamil tidak perlu takut lagi ya untuk mengkonsumsi yogurt.

Postingan populer dari blog ini

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca