Langsung ke konten utama

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh

Yogurt dengan tambahan buah

Yogurt merupakan hasil dari fermentasi susu. Susu yang di gunakan juga boleh dari berbagai macam susu seperti suau kedelai,susu sapi dan lain lain. Tetapi yang sering biasa di gunakan membuat yogurt yaitu berasal susu sapi. Yogurt bisa di jadikan makanan atau minuman. Yogurt yang mempunyai tekstur kental bisa digunakan sebagai pengganti camilan sehari-hari,biasanya orang akan mengkonsumsi yogurt ini dengan cara di ambil menggunakan sendok untuk kemudian di makan.

Ada juga yogurt yang berbentuk cair dan biasa orang manfaatkan sebagai minuman sehat. Yogurt telah banyak di jual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menjumpai yogurt yang biasanya di letakkan di dalam kulkas atau lemari pendingin.

Ini yang mungkin ada sebagian orang kurang tahu. Kenapa yogurt harus di simpan di kulkas atau lemari pendingin?
Yah hal ini karena di dalam yogurt terdapat banyak bakteri baik seperti salah satunya bakteri Lactobacillus acidophillus akan mati ,jika tidak diletakkan di bawah suhu 4 derajat celsius atau di dalam kulkas.

Jadi setelah anda mengambil yogurt dari dalam kulkas alangkah baiknya anda langsung mengkonsumsi yogurt tersebut dalam keadaan masih dingin dan jangan biarkan sampai berjam-jam, karena bakteri baik akan bertahan sekitar 2 jam setelah di keluarkan dari dalam kulkas.
Dan jika yogurt tidak langsung habis saat di konsumsi atau masih meninggalkan sisa kemudian sayang kalau di buang, disarankan untuk meletakkan kembali yogurt ke dalam kulkas agar bakteri baik dalam yogurt tetap hidup.

Bakteri baik inilah yang menyebabkan timbulnya rasa asam pada yogurt. Akan tetapi banyak produsen yang menjual yogurt dengan berbagai varian rasa untuk menambah rasa nikmat pada yogurt dan supaya yogurt tidak terlalu asam saat dikonsumsi. Yogurt yang biasa di jual di pasaran mempunyai varian rasa seperti rasa original,vanila,coklat dan rasa buah.

Yogurt memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita,apalagi jika di konsumsi secara rutin,anda pasti akan merasakan perbedaan sebelum dan sesudah mengkonsumsi yogurt.

Manfaat yogurt untuk tubuh

1. Merupakan sumber protein yang sangat baik

Agar organ tubuh berfungsi dengan baik, maka diperlukan mineral penting yaitu protein.
Protein mempunyai peran penting bagi tubuh,kekurangan protein bisa menyebabkan gangguan seperti rambut,kulit,kuku maudah rapuh; kesulitan berfikir; hingga kehilangan masa otot.
Protein juga berperan penting dalam membantu menstabilkan tekanan darah.

Banyaknya kadar protein yang terkandung di dalam yogurt berbeda-beda sesuai jenis yogurt yang anda konsumsi. Anda bisa mengetahui kadar protein yang terkandung dalam yogurt pada label informasi nilai gizi pada kemasan yogurt.

Jenis yogurt yang mengandung banyak protein yaitu Greek yogurt.
Dalam enam ons greek yogurt terkandung 15-20 gr protein, yang setara dengan  tiga ons daging tanpa lemak.
Sedangkan yogurt biasa hanya menghasilkan sembilan gram protein.

2. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Yogurt merupakan makanan yang mengandung banyak probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat di dalam pencernaan.
Jadi dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin,maka pencernaan anda akan menjadi semakin lancar.

3. Membantu menurunkan berat badan


Yogurt Membantu menurunka berat badan


Yogurt bisa di jadikan sebagai makanan untuk diet sehat. Pasalnya kandungan probiotik,protein dan kalsium membuat anda bisa lebih cepat kenyang dan tidak ingin ngemil lagi.
Untuk yogurt yang mengandung banyak protein,anda bisa memilih jenis greek yogurt yang telah terbukti membuat kita cepat merasa kenyang.

Selain itu yogurt juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dan memelihara fungsi otot serta sistem saraf anda.

4. Menggantikan energi setelah berolahraga


Yogurt menggantikan energi setelah berolahraga


Setelah berolahraga pasti perut akan terasa lapar. Jika anda tidak menginginkan untuk makan yang banyak-banyak,anda bisa konsumsi yogurt untuk mengganjal perut anda.
Kombinasi karbohidrat dan protein yang terkandung yogurt dapat menggantikan energi anda yang terkuras selama olahraga.
Bila di tambah dengan meminum segelas air,maka proses rehidrasi dalam tubuh akan kembali lebih cepat dan badan kembali lebih bugar.

5. Membuat tidur lebih lelap


Yogurt membuat tidur menjadi lebih nyenyak


Mengkonsumsi yogurt sebelum tidur akan membuat tidur anda menjadi semakin lelap. Hal ini karena kandungan tryptophan yang ada di dalamnya setara dengan segelas susu dan membantu memproduksi hormon serotonim dan melatonim yang dapat membuat tubuhmu lebih rileks.

Bagi yang alergi laktosa juga aman jika konsumsi yogurt untuk meningkatkan kualitas tidurnya,pasalnya bakteri asam laktat dalam yogurt dapat mengubah laktosa menjadi asam laktat dan mengurangi kadar laktosa sehingga aman untuk penderita alergi laktosa maupun yang bukan untuk menambah kualitas tidurnya menjadi lebih lelap.

6. Menurunkan tekanan darah

Dilansir dari webMD,sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi yogurt sebanyak 2-3 porsi per hari (atau lebih) mengalami penurunan tensi darah hingga 50 persen dibandingka mereka yang tidak makan yogurt sama sekali.

Manfaat yogurt ini datang dari kandungan kallium yang dapat membilas kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan menibgkatkan tekanan darah ,yang banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung garam tinggi.

7. Menjaga kesehatan tulang

Yogurt banyak mengandung kalsium yang di butuhkan untuk kepadatan tulang dan gigi.

Konsumsi yogurt sangat di anjurkan bagi anda yang sering mengalami pegal-pegal di bagian punggung atau bagian tubuh yang lain karena pengeroposan tulang seiring bertambahnya usia.
Orang yang tidak pernah konsumsi yogurt akan rentan terkena osteoporosis(pengeroposan tulang) dari pada yang sering konsumsi yogurt.

Selain kalsium yogurt juga mengandung banyak vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menyerap kalsium dengan lebih baik.
Asam laktat pada yogurt juga bermanfaat untuk melindungi gusi anda dari infeksi,karena yogurt tidak akan mengikis lapisan email gigi. Hal ini di sampaikan periset dari marmara university.

8. Baik untuk kesehatan kulit

Bagi anda yang megidam-idamkan kulit bersih dan mulus, yogurt dapat menjadi salah satu solusinya.
Asam laktat dalam yogurt bertindak sebagai exfollator yang membantu menyingkirkan sel-sel mati. 
Selain dikonsumsi,anda juga dapat menggunakan yogurt sebagai masker agar kulit wajah lebih sehat.

9.  Mengurangi resiko infeksi jamur

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt dapat mengurangi infeksi akibat jamur dalam miss V. Hal ini karena bakteri baik dalam yogurt yaitu bakteri lactobacillus dapat melawan bakteri jahat penyebab jamur dalam miss V, contoh bakteri penyebab jamur yang biasa muncul di miss V yaitu candida.
Jadi hal ini sangat di anjurkan bagi kaum wanita jika ingin menjaga miss V agar tetap sehat dan keharmonisan rumah tangga semakin terjamin.

10. Memperkuat sistem imun

Sejumlah gizi dan mineral penting di dalam yogurt membantu meningkatkan produksi sel T,salah satu sek darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit. 
Cukup makan setidaknya empat ratus gram yogurt setiap hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anda dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

Begitu banyaknya bukan manfaat yang terkandung dalam yogurt, jadi penting untuk kesehatan tubuh anda.
Semoga bermanfaat :)


Postingan populer dari blog ini

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca