Langsung ke konten utama

Penyebab gigi bunggsu tumbuh pada usia 20 th ke atas

Gigi bungsu tumbuh pada orang dewasa

Jika saat ini anda sedang mengeluh rasa nyeri yang luar biasa di bagian belakang rahang bisa jadi gigi bungsu anda sedang tumbuh. 
Gigi bungsu atau wisdom tooth adalah gigi yang paling terakhir terbentuk dan mencuat ke atas permukaan gusi, dan terjadi pada saat seseorang berumur kisaran 17-25 tahun.

Namun tidak ada batasan usia kapan gigi ini akan tumbuh dan juga tidak ada penyebab spesifik yang mempengaruhi pertumbuhan gigi geraham terakhir ini. 
Bahkan ada juga orang yang tidak pernah mengalami pertumbuhan gigi geraham terakhir seumur hidupnya yang bisa di akibatkan tidak adanya benih gigi geraham atau benih gigi ada namun tidak tumbuh.
Tumbuhnya gigi bungsu ini sangat meresahkan sekali karena rasa nyeri yang ditimbulkan sangat luar biasa sekali.

Baca juga : Penyakit-penyakit pada gigi

Lantas kenapa tumbuhnya gigi bungsu menyebabkan sakit yang luar biasa?


Gigi bungsu tumbuh sakit luar biasa


Pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tak selalu menyebabkan masalah. 
Jika terdapat cukup ruang dalam gusi, gigi bungsu akan bisa tumbuh sepenuhnya tanpa menyebabkan keluhan berarti. 
Akan tetapi, sebain besar orang memiliki rahang yang terlalu kecil untuk memungkinkan sejumlah 32 gigi muat berjejer di atasnya.
Paing maksimal, rahang orang dewasa pada umumnya hanya muat untuk 28 gigi.

Ketika gigi bungsu tumbuh pada rahang seseorang yang terlalu kecil atau ada gigi lain yang menghadang jalan keluar gigi bungsu , gigi baru ini sering bertumbuh membelok ,menyamping atau tak sealur dengan garis gigi lainnya.
Hal ini karena selama gigi bungsu mencuat ke atas, gigi ini dapat mendorong gigi di depannya demi memaksakan ruangan yang cukup saat gigi bungsu komplit nantinya.

Jika gigi tumbuh dan bertabrakan dengan gigi lainnya, lapisan gusi yang terbuka dapat terinfeksi dari bakteri  yang masuk ke dalamnya dan terjadi bengkak .
Hal ini akan terasa menyakitkan. 
Tidak hanya itu, pertumbuhan gigi yang hanya setengah-setengah juga lebih rentan memicu kerusakan gigi dan penyakit gusi karena lokasi gigi bungsu yang sulit dijagkau dan posisinya yang canggung membuat menyikat gigi dan flossing sulit.

Saat tumbuhnya gigi bungsu ini memang terasa sangat nyeri sekali yang menetap pada gigi terdekat atau bisa juga merambat hingga ke telinga di sisi wajah tempat gigi bungsu tumbuh. 
Pada beberapa orang lainnya bisa hanya mengalami rasa ngilu dan ketidaknyamanan saat mengunyah atau menyentuh gigi bungsu.

Namun pada beberapa kasus dimana gigi geraham ini tumbuh miring, mendesak gigi lain, tumbuh dekat jalannya saraf wajah atau tumbuh sebagian sehingga membuat tempat kuman berkumpul maka kondisi di atas bisa menimbulkan nyeri pada gigi.

Gejala yang biasa di keluhkan pada saat tumbuhnya gigi geraham miring diantaranya adalah : 


Pusing efek tumbuhnya gigi bungsu


  • Nyeri kepala sebagian ( migrain ).
  • Nyeri rahang bawah.
  • Sulit membuka mulut.
  • Sakit gigi yang kuat akibat pendesakan / infeksi gigi.
  • Bengkak.
  • Demam
  • Dan lain sebagainya.
Lalu kenapa di saat usia sudah dewasa, gigi bungsu masih tetap saja tumbuh?


Penyebab gigi bungsu tumbuh di usia dewasa


Gigi bungsu tumbuh pada orang dewasa


Gigi bungsu atau gigi molar ketiga biasa tumbuh dalam rentang umur 17-25 tahun.  Apalagi jika gigi tumbuh menusuk gusi, rasanya akan menjadi sangat nyeri. 
Bagian rahang yang mungkin menjadi tempat gigi bungsu tumbuh yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

Tidak ada cara untuk mencegah gigi bungsu ini agar tidak tumbuh.
Pertumbuhan gigi bungsu bersifat alamiah dan tergantung dari benih giginya. 
Jika benihnya bagus kemungkinan gigi tumbuh akan lurus. 
Akan tetapi gigi bungsu tumbuh berpotensi sangat besar untuk sakit dan itu adalah hal yang wajar.

Gigi bungsu pertama biasanya akan muncul saat berusia 6 tahun, sedangkan gigi bungsu ke dua muncul saat berumur 12 tahun. Gigi geraham yang terakhir ini atau biasa yang di sebut dengan gigi bungsu sebenarnya tumbuh pada saat seseorang berusia sekitar 10 tahun. 

Namun gigi ini tidak muncul seperti gigi geraham yang lain karena memiliki pertumbuhan berbeda dengan yang lain, hal ini disebabkan oleh ruang yang tidak cukup di dalam rahang seseorang. 
Keterbatasan ruang pada gusi sehingga tidak adanya tempat untuk tumbuh gigi inilah penyebab gigi bungsu baru muncul ( di beberapa orang ) pada rentang usia tujuh belas sampai dua puluh lima tahun, meskipun ada juga yang tidak muncul di usia dua puluh lima tahun.

Karena bentuk rahang manusia berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang berbeda. 
Gigi bungsu ini sering terhalang oleh gigi geraham lain yang sudah muncul jika rahang seseorang tidak memiliki ruang yang cukup untuk gigi bungsu.

Bagaimana cara mengatasi gigi bungsu yang tumbuh sakit?


Operasi gigi


Sakit akibat tumbuh gigi bungsu ini bisa berkurang dengan meminum obat analgetik atau pereda nyeri. 
Biasanya yang di gunakan adalah asam mefenamat atau mefinal. 
Selain menimbulkan nyeri, gigi bungsu yang tumbuh miring dapat mempengaruhi susunan gigi lainnya yang tumbuh lebih dulu. 
Jika gigi bungsu tumbuh miring lalu berbahaya bagi gigi lain atau bahkan gusi, maka harus di cabut. 
Pencabutan gigi bungsu ini sering disebut operasi odontektomi dan harus di dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut. 
Sebelumnya pasien akan melakukan foto rontgen panoramic gigi untuk melihat kemiringan.

Kemudian sebelum gigi di cabut, Dokter gigi atau ahli bedah gigi akan membuka jaringan gusi di atas gigi bungsu jika diperlukan dan mencabut gigi yang bermasalah tersebut, kadang gigi akan terlebih dulu di potong- potong kecil untuk lebih memudahkan pencabutan. 
Setelah gigi dicabut, mungkin juga di perlukan jahitan.

Namun jika pasien memiliki infeksi , mungkin pasien harus menunggu sampai infeksinya hilang sebelum gigi bungsu tersebut di cabut. 
Sementara menunggu jadwal cabut gigi, ada beberapa tips yang bisa di lakukan

untuk mengurangi nyeri selama pasien menunggu jadwal operasi,diantaranya :


Pil pereda sakit gigi


  • Minum obat penghilang nyeri. Ini hal yang di anjurkan pertama untuk meredakan nyeri tersebut, misal paracetamol atau ibuprofen.
  • Kumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam hangat juga sangat di anjurkan untuk menyingkirkan sakit gigi bungsu. Cukup larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat dan berkumurlah.
  • Menggunakan obat kumur. Obat kumur yang mengandung antibakteri  dan mengandung chlorhexidine juga sangat di anjurkan untuk mengurangi rasa sakit.
  • Kompres menggunakan es. Kompres pipi tempat gigi bungsu tumbuh selama 15-20 menit. Perlu di ingat jangan mengompres menggunakan air panas, gunakan es.

Gigi bungsu tumbuh tidak pada setiap orang, artinya tidak semua orang akan mengalaminya.
Sakit akibat tumbuh gigi bungsu tidak hanya saat tumbuh, bahkan kisaran umur 40 tahun seseorang bisa mengalami sakit akibat gigi bungsu ini. 
Apabila gigi bungsu ini tumbuh pada wanita hamil, maka tidak boleh di cabut. Yang paling aman adalah memberi analgesik dengan jenis dosis yang tepat untuk wanita hamil.

Postingan populer dari blog ini

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

Manfaat wedang jahe sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh saat situasi dingin dan rasanya yang enak dan khas, rupanya jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah perut. Jahe termasuk tanaman herbal populer yang dijadikan sebagai obat tradisional, bahkan sejak ribuan tahun lalu oleh para nenek moyang. Hal ini karena jahe mengandung banyak manfaat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai keluhan penyakit. Tanaman jahe dikenal memiliki kandungan antibiotik alami. Hal ini karena jahe memiliki ragam manfaat minuman jahe, seperti teh jahe atau susu jahe yang dipercayai bisa menghangatkan perut serta mengatasi berbagai keluhan masalah perut dan pencernaan. Namun jahe masih memiliki banyak manfaat lain yang perlu anda ketahui, antara lain : 1. Mencegah resiko penyakit jantung Minuman jahe rupanya dapat membantu mencegah penyakit jantung.  Hal ini berdasarkan penelitian yang telah menunjukkan bahwa adanya kadungan antioks

Jangan salah mengartikan ya, ini perbedaan darah rendah dan kekurangan darah

Kekurangan darah atau anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat sering di alami oleh kaum hawa.  Karena punya gejala yang mirip dengan tekanan darah rendah atau hipotensi, yaitu berupa rasa lelah dan pusing , maka banyak orang mengira kekurangan darah dan darah rendah itu sama. Padahal kedua kondisi ini sangatlah jauh berbeda. Agar tidak salah pengertian, berikut akan dibahas perbedaan kekurangan darah (anemia) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kadar hemoglobin (zat merah darah) dalam tubuh seseorang terlalu rendah.Itulah sebabnya anemia sering di sebut juga dengan kekurangan darah. Sel darah merah yang mengandung hemoglobin dalam jumlah yang cukup akan mampu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia terjadi apabila sel darah merah tidak memiliki kandungan hemoglobin yang cukup, salah satu faktornya karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Kadar normal hemoglobin berbeda-beda tiap orang, se

Cara alami atasi gatal pada telapak kaki

Pada musim hujan seperti saat ini banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa gatal pada telapak kaki mereka.  Sehingga banyak orang yang mencari tahu cara mengatasi gatal-gatal pada telapak kaki secara alami.  Penyebab timbulnya gatal pada telapak kaki sangatlah banyak dan bermacam-macam, seperti virus, kutu air, jamur dan lain sebagainya. Dan yang sering banyak sekali orang abaikan adalah seperti kurangnya menjaga kebersihan lantai, hal ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada telapak kaki.  Jarang mengepel lantai,jarang menyapu lantai, padahal orang kebanyakan jika masuk rumah tidak menggunakan alas kaki, dan sebelum mereka masuk rumah sendiri , orang tersebut baru saja menginjak lantai lain atau alas kaki yang kotor, hal ini dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk mengatasi telapak kaki yang gatal berikut seputar-kesehatan.com telah merangkumnya dan bisa anda coba sendiri menggunakan bahan yang sering anda jumpai di rumah. Ca